Akhirnya aku bisa punya usaha sendiri :)

Saat ini aku punya usaha toko accessories fashion di daerah Pati, Jateng. namanya Ishiko Accessories.
Kalo di inget2.. ga nyangka juga keinginanku punya usaha sendiri akhirmya terwujud. Dan bisa jadi faktor "the power of kepepet yang jadi pemicunya".

Sudah sejak lama aku ingin punya usaha sendiri, tekadku, apapun usahaku itu, meskipun kecil, aku pengen punya usaha sendiri. Awalnya aku belum tau mau usaha apa.. pengen buka usaha tapi duit cepak.
Niatan pengen punya usaha sendiri muncul karena gajiku (seberapapun itu, meski dh naik berkali-kali) tetep aja habis dan ga bisa menabung.Sementara kebutuhan terus meningkat, aku ga bisa dong mbiarin keadaanku terus begini..

Untuk mencari inspirasi, awalnya aku browsing2 di internet... memulai usaha dengan modal kecil.
Banyak kiat-kiat aku dapatkan.. sepertinya mudah dan memotivasi banget... tapi koq ya begitu mau diterapkan dan dikerjaan.. ternyata ga semudah tips yg aku baca atau ga terlalu sesuai dengan keadaanku.
Jangankan modal, buat membiayai kehidupan sehari-hari aja kadang kurang.. aku orangnya ga gt banyak relasi... tapi kemudian aq tahu.. bahwa jalan hidup masing2 orang itu berbeda2.. dan semoga aq juga akan menemukan jalanku sendiri.






Lelah browsing-browsing dan ga nemu2 ide juga... tiba2 aku teringat kawan lama. Dulu aku pernah bekerja di jepara. kenal ma salah satu karyawan dan katanya dia punya sampingan bikin kalung/perhiasan dari monel.. dulu sempat ditawari jadi reseller, tp aku merasa ga punya waktu dan ga punya cukup keberanian mengetuk tiap pintu toko untuk menawarkan barang. Ketika teringat akupun menghubunginya... tapi ternyata untuk pemesanan pertama ada uang ada barang.. dan setelah aku kalkulasi, usaha monel dan perhiasan imitasi yg ditawarakan paling ga butuh modal 10 jutaan. uang dari mana? gila... Padahal saat itu selain keuangan mulai menipis.. gajiku di tempat kerja juga ga lancar.. sering telat dan kadang dicicil... Padahal sebentar lagi moment lebaran, moment paling pas untuk buka usaha.. dan pada akhirnya.. waktu berlalu begitu saja...


Kondisi keuangan makin memprihatinkan karena gajiku ga juga dikasihkan, kalopun dikasih juga amat sangat kecil yg hanya cukup buat hidup 1 minggu saja.. dan ketika kesehatanku mulai terganggu, pengeluaran rutin  tak bisa dihindarkan..keadaan makin terasa sulit... hingga pada akhinya....

Aq berniat untuk refreshing dengan jalan2 ke mall, dan aq berhenti di toko assesories, aq berjalan untuk melihat lihat sekalian mau beli kuncir rambut boleh juga.. dan aq pun mulai melihat lihat barang yg ada ditoko itu,, cukup menarik, banyak variasi dengan harga yg sangat terjangkau.. mulai dari 1.000an, terjangkau buat siapa saja... aneka kuncir rambut, gelang, kalung, bando, bross dll) aku berfikir, modal yg diperlukan ga gitu gedhe.. harga jepit rambut aja di pasaran cuma 1-3 rb aja.. tak fikir2 cocok juga buat usaha, kalau harga jualnya saja dibawah 10rb tentu modalnya juga gak gedhe gedhe banget lah.. tapi ide ini masih tak simpan dalam otak dulu.. soale ya itu.. lum punya duit cukup.. hanya bisa pasrah dan berdoa semoga Allah memberi kemudahan rezeki bagiku...

Dan pada suatu hari..... (hehe..)
Hapeku berbunyi dari nomor yg tidak aku kenal.. ketika aku angkat dan aku tanya... MasyaAllah.. ternyata dari temenku dulu waktu SMA.. :) ngobrol2 terus berlanjut dan ternyata dia mengenalkanku pada orang yg dulu waktu SMA pernah ketemu juga... ternyata orangnya baik.. ngobrol2 akhirmya dia mau meminjamkan uang buat modal usahaku.. meskipun modal yg dipinjamkan ga gitu besar, tapi sangat membantu.. gayung bersambut, ternyata ada temenku lainnya juga mau membantuku... alhamdulilah.. mulai kelihatan nih titik terang..

Aku utarakan niatku untuk memulai usaha kepada keluarga dulu. Dari keluarga ternyata mendukung, terutama kakak. Akupun berhenti dari pekerjaanku setelah menerima cicilan gaji 500 rb dengan tunggakan 1.5 bln gaji dan THR yg belum terbayarkan.. yach.. aku pasrahkan saja ma YG DIATAS, bahwa rejeki memang tak kan kemana.. kalo memang rejeki pasti bisa aku dapatkan, kalo memang bukan rejekiku.. semoga Allah menggantinya.
kembali lagi ke cerita....

MODAL.

waktunya mengumpulkan modal, 
setelah mendapat pertimbangan dari keluarga, aq mulai mendekati temen dan keluarga yg lain yang kira2 mau jadi investorku.. dan  modal yg terkumpul Rp. 4.800.0000,- kurang dari 5 juta.. harus bener2 jeli nih menggunakan uang ini..
meski sempat ragu, tapi ada keyakinan dlm diriku bahwa ada niat sungguh-sungguh pasti ada jalan. jadi ya maju aja terus.. kl ada masalah, dipikir belakangan... pkoknya apa yg bisa dikerjakan, kerjakan aja dulu.


MENCARI KIOS
Jujur meski niatnya mendirikan usaha daerah kelahiranku, aku ga gitu mengenal daerahku.. aku juga ga gt kenal ma orang2... hanya sering liat wajahnya, tapi ga tau namanya.. akupun meminta bantuan kakak untuk mencarikan toko yg bisa disewakan.. aku juga mulai meminta bantuan tetangga dan orang2 yg aku kenal untuk membantu mencarikan/kalo punya info tentang toko yg mau disewakan. Akhirnya kakak mendapatkan toko, yg waktu itu sudah disewa orang, tapi sudah tidak dipakai lagi, kontraknya masih 4 bulan..
Akhirnya deal, kita ganti sewanya selama 3 bulan, karena perhitunganya masih butuh renovasi dan memakan waktu. Deal, kontrak sewa 3 bulan sebesar Rp. 400.000.
Murahkan? karena didaerah, bukan dikota.. jadi masih terjangkau.. harga sewa tahun itu 1.5 juta/tahun.
Tapi sayang, setelah mendapatkan kios, kesehatanku malah ga baik, jadi ga bisa bantu bersih-bersih dan renovasi toko.. semuanya aku pasrahkan pada kakak. renovasi, cat, dll keluar 2 juta.

MENCARI BARANG
Untuk mendapatkan barang, waktu itu rasanya seperti insting saja. pikiranku langsung tertuju ke Pasar Kliwon di KUDUS, salah satu pasar grosir terbesar di Jateng. Ga perlu waktu lama, tinggal banding2in harga antar toko, aku sudah bisa mendapatkan mana aja toko yg sesuai baik harga maupun jenis barangnya.
modal yg aku keluarkan untuk membeli barang dagangan pertama kali, 2.2 juta.

ALUR USAHA
Alur usaha yg aku jalankan, sangat simple, ga neko2.. jadi jangan lagi beranggapan bahwa usaha itu ribet..
Aku beli barang grosiran di pasar, pilih2 barang yg sesuai, trus jual eceran dech di toko. That's it. sesimple itu.

TERLALU BANYAK PERTIMBANGAN??

Awal aku mengutarakan ideku untuk terjun ke usaha ini, ga banyak yg bener2 mendukung selain keluarga.
banyak yg berkomentar2.. tapi waktu itu pikiranku begitu simple dan tidak terlalu mengiraukan apa kata orang yg tidak terlalu setuju.
Ketika ada yg bilang bahwa bisnis accessories selalu berubah, ada masanya, sering berganti-ganti mode..

ternyata aku menemukan fakta bahwa :

1-Apa yg dijual di pasar grosir itu.. ya itu udah yg ter update. barang kedaluarsa kan butuh waktu, dan ini bukan roti yg 3 hari udah ga bisa dipakai.
 
2- Ketika kita membeli barang, trus kita jual, misal butuh waktu 1 bulan, berarti bulan depan kita kan kulakan lagi, nyampe pasar kl ada barang baru/model baru kan dh ditawarkan, kita bisa beli dan udah update.

3. Ternyata selera orang itu beda2.. ada yg selaluingin Up To Date, ada yg sesuka selera dia, dan ada lgi tipe2 orang yg seleranya sederhana, ga banyak berubah dari waktu ke waktu. so don't worry, semua ada marketnya.

Begitulah usaha pertamaku berjalan. Dan sekarang hampir 6 bulan berjalan, modal usahaku sudah 2x lipat lebih dari pertamakali didirikan.

AWAL BERDIRI, KERJA KERAS DAN PUASA

Ketika usaha kita baru berjalan, kerjakeras memang sangat diperlukan, selalu meng-check, penjualan gimana, apa yg mesti diperbaiki, respon pembeli gimana dan keinginan menjadi lebih baik dan lebih baik, memang menguras tenaga dan pikiran.
Jadi kl berfikir begitu usaha sudah jalan berarti kita tinggal diam dan menikmati hasil, itu salah.
Bulan2 pertama penuh perjuangan banget... Dan jangan berfikir untuk menikmati hasil.
Aq cukup beruntung kebutuhan sehari2 seperti makan dan tempat tinggal sementara di tanggung keluarga, jadi evaluasi toko bener2 bisa maksimal dan bisa dimanfaatkan karena arus kas bisa digunakan sepenuhnya untuk toko.
Bulan2 pertama, begitu dapat uang dari hasil penjualan, aku gunakan lagi untuk beli barang dagangan, keuntungan yg didapatkan juga aku gunakan lagi, aku putar lagi jadi modal,.. begitu seterusnya hingga sekarang dan barang2 ditokoku jadi makin beragam dan cukup stok. Jadi aku sama sekali ga mikirin berapa keuntungan yg telah aku dapatkan, aku hanya ingin tokoku menjadi lebih besar/barang makin beragam, jadi pembeli pun punya banyak pilihan..

Setelah 5 bulan berjalan, keuntungan baru mulai kurasakan dan aku ga ngambil terlalu banyak, secukupnya buat sehari2hari saja.. dan ketika tutup buku di ahir bulan, ternyata masih ada uang sisa. ^^ alhamdulilah dech..




ini tokoku diawal-awal berdiri tahun 2012
dan ini setelah satu setengah tahun berjalan ditahun 2014 august.



makin complit sekarang, kl dulu hanya accessories cew, kaya gelang, anting, kalung, sekarang nambah jam tangan, tas, dompet cow/cew dan kado.

Kredit Tanpa Agunan

Nah buat km yg masih pengen cari tambahan modal,
Ada nih yg namanya Kredit Tanpa Agunan yg mungkin bisa jadi pertimbangan.. tapi ttep waspada ya, peetimbangkan dulu kemampuan kalian untuk membayar cicilannya, pertimbangkan baik2 dan jangan buru2.. bisa2 mau nyari modal tp malah terjebak utang bank aja..
Nih aq nemu website Kreditgogo yg ngasih kita info juga bakal bantu kita buat ngebandingin beraneka macam KTA yg ditawarkan oleh bank bank.. jadi kita gak perlu lagi nih kesana kemari ndatangin bank satu satu buat ngebandingin bunga dan ketentuan2 lainnya.. jadi hemat waktu dan energi kan?
Website nya terpercaya koq..
Selain itu, dari kredit gogo akan ada orang yg bakal ndatangin kita, untuk ngasih tips2 dan membantu kita memilih bank yg sesuai.. jadi gak da salahnya kan dicoba..
Nih screenshootnya, klik aja gambar dibawah ini langsung.. ^_^










Newer Post
Previous
This is the last post.

11 comments: